3 Fenomena Langka Yang Hanya Bisa Dilihat Sekali Seumur Hidup.


o

3 Fenomena Langka Yang Hanya Bisa Dilihat Sekali Seumur Hidup

 o

fenomena alam 3 Fenomena Langka Yang Hanya Bisa Dilihat Sekali Seumur HidupBeragam fenomena alam khususnya luar angkasa terjadi di tahun 2012 ini. Dari berbagai banyaknya fenomena tersebut, ada 3 kejadian alam khusus yang beruntung dapat dinikmati oleh manusia yang masih hidup di tahun 2012 ini.

Supermoon

Pada tanggal 5 Mei lalu, banyak orang dari berbagai penjuru dunia yang dapat menikmati keindahan bulan yang langka ini. Fenomena bulan itu disebut juga dengan nama Supermoon.

Memang dari tahun 1955, 1974, 1992, 2005 dan 2011, juga pernah muncul fenomena semacam ini, namun Supermoon yang terjadi pada bulan Mei lalu tersebut dapat dikatakan sebagai Supermoon terbesar dan paling terang dibanding sebelumnya.

Menurut ilmuwan, Supermoon yang terjadi seperti di tahun ini kemungkinan akan terjadi lagi beberapa tahun kemudian.

Venus transit

Pada tanggal 6 Juni lalu juga terjadi satu fenomena angkasa luar yaitu Venus akan melakukan ‘pengembaraan’ ke matahari. Satu hal lain yang menjadikan momen transitnya Venus ke matahari ini adalah semuanya bernuansa 6, yaitu tanggal 6, bulan 6 dan terjadi pukul 6 sore.

Menurut analisa para ilmuwan, fenomena Venus transit ke matahari tersebut terjadi hanya 105 tahun sekali. Tentunya sangat jarang ada manusia yang dapat hidup salama itu. Para ahli memprediksikan bahwa kejadian seperti ini akan kembali terjadi sekitar tahun 2117.

Galaksi sejajar

Dalam bahasa Inggris, sejajarnya galaksi dengan beberapa benda langit ini disebut juga Galactic Alignment. Para ahli memperkirakan bahwa Galactic Alignment ini kemungkinan akan terjadi pada tanggal 21 Desember 2012 mendatang, seperti yang tertulis dalam Kalender Hitungan Panjang Maya kuno.

Menurut Wikipedia, pada tanggal tersebut, matahari, bumi dan beberapa benda langit lainnya akan tepat berada di garis galaksi. Semuanya akan terlihat seperti berbaris dalam urutan yang sejajar. Fenomena semacam ini hanya akan berlangsung sekitar 25.800 tahun sekali.

Bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa pada saat Galactic Alignment terjadi, bumi akan menjadi gelap gulita.

So, sangat beruntung bagi kita yang mungkin masih hidup sampai akhir 2012 mendatang karena akan menjadi saksi sejarah fenomena yang hanya berlangsung dalam puluhan bahkan ratusan tahun sekali tersebut.

o

http://www.newsviva.com/3-fenomena-langka-yang-hanya-bisa-dilihat-sekali-seumur-hidup.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s