ISTIHADHAH – BAB 08 – Syi ah / Sunni


Madzhab 4

السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

أَعُوْذُبِاللِهمِنَالشََّيْطَانِالرَّجِيْمِبِسْمِاللهِالرَّحْمنِالرَّحِيمِ

أَشْهَدُأَنْلاَإِلَهَإِلاَّأللهُأَشْهَدُأَنَّمُحَمَّدًارَسُوْلُاللهِ

BAB 08

ISTIHADHAH

  Istihadhah menurut istilah para ahli fiqih adalah : Darah yang keluar dari wanita bukan pada masa-masa haid dan nifas dan tidak ada kemungkinan bahwa ia haid ; misalnya darah yang melebihi masa haid atau darah yang kurang dari masa paling sedikitnya haid. Biasanya darah itu warnanya kuning, dingin, encer ( tidak kental ) dan keluarnya dengan lemah ( tidak deras ) yang pada dasarnya berbeda dengan darah haid. Imamiyah membagi darah istihadhah itu pada tiga bagian:

Sedikit     : Bila darah itu sampai melumuri kapas tetapi tidak sampai membasahi semua kapas itu , maka hukumnya, ia harus berwudhu setiap mau shalat dengan mengganti kapas, hanya ia tidak boleh menjama’ ( mengumpulkan ) dua shalat dengan satu wudhu.

Pertengahan : Kalau darah itu sampai membasahi semua kapas, tetapi tidak sampai mengalir, maka hukumnya ia harus mandi satu kali setiap hari sebelum pagi , juga harus mengganti kapas , dan harus berwudhu setiap mau shalat.

Banyak    : Kalau darah itu sampai membasahi kapas semuanya dan sampai mengalir dari kapas itu , maka hu­kumnya ia harus mandi sebanyak tiga kali , yaitu mandi sebelum shalat Shubuh , kemudian mandi sebelum menjama’ Shalat dua Dzuhur ( Dzuhur dan Ashar ) dan mandi sebelum menjama’ Shalat dua Isya’  ( Maghrib dan Isya’ ).

Kebanyakan ulama Imamiyah : la harus berwudhu dalam setiap kesempatan ( ketika mau shalat ) dengan mengganti kapas juga.

Madzhab-madzhab yang lain tidak menerima pembagian ini , sebagaimana madzhab-madzhab ini tidak mewajibkan mandi bagi orang yang sedang istihadhah.

Ini dijelaskan dalam buku Fiqhus Sunnah , karya Sayyid Sabiq , halaman 155 , cetakan tahun 1957 seperti berikut :

 “ Bagi orang ( wanita ) yang istihadhah tidak diwajibkan mandi untuk shalat apapun , dan juga pada waktu apapun kecuali hanya satu kali , yaitu pada waktu haidnya putus ( selesai ). Maksudnya bahwa mandi itu hanya untuk haid , bukan untuk isiihadhah . Begitu pendapat jumhur dari kalangan salaf dan khalaf.

 Empat madzhab : Istihadhah itu tidak mencegah ( melarang ) untuk melakukan sesuatu yang dilarang dalam haid , baik membaca Al-Qur’an , menyentuhnya , masuk masjid , ber i’tikaf , berthawaf , bersetubuh , dan lain-lainnya seperti yang dijelaskan dalam masalah-masalah yang dilarang bagi orang yang berhadas besar. ( Al-Fuqhu ‘ala Al-Madzahib Al-Arba’ah, jilid I, bab Mabhastu al Istihadhah).

Imamiyah : Istihadhah sedikit dihukumi sama dengan hadas kecil maka dari itu , ia tidak boleh melakukan sesuatu yang memerlukan wudhu kecuali setelah berwudhu. Sedangkan istihadhah pertengahan dan istihadahah banyak sama dengan hadas besar, maka dari itu keduanya dilarang melakukan sesuatu yang disyaratkan mandi. Keduanya sama seperti haid selama belum melaksanakan apa yang diwajibkan pada keduanya. Bila keduanya telah melaksanakan yang diwajibkan , maka keduanya  ( yang istihadhah pertengahan dan ba­nyak ) dianggap suci.

Keduanya dibolehkan untuk shalat , masuk masjid , thawaf dan bersetubuh. Dan mandi istihadhah adalah seperti mandi haid , tak ada bedanya , menurut Imamiyah.

Darah Nifas.

 Imamiyah dan Maliki : Darah nifas adalah darah yang dikeluarkan dari rahim yang disebabkan persalinan , baik ketika bersalin maupun sesudah bersalin , bukan sebelumnya. Hambali : Darah nifas, adalah darah yang keluar bersama keluarnya anak , baik sesudahnya maupun sebelumnya , dua atau tiga hari dengan tanda-tanda akan melahirkan.

Syafi’I : Darah yang keluar setelah melahirkan , bukan sebelumnya dan bukan pula bersamaan.

 Hanafi : Darah yang keluar setelah mela­hirkan, atau yang keluar ketika sebagian besar tubuh anaknya sudah keluar.

Sedangkan kalau darah itu sebelum melahirkan , atau darah yang keluar ketika tubuh anaknya baru sebagian kecil yang keluar , maka ia tidak dinamakan darah nifas. Kalau wanita hamil itu melahirkan tetapi tidak nampak ada darah yang keluar, ia tetapi diwajibkan mandi , menurut Syafi’I , Hanafi dan Maliki.

Tetapi menurut Imamiyah dan Hambali tidak wajib mandi.

Semua ulama madzhab sepakat bahwa darah nifas itu tidak mempunyai batas paling sedikitnya. Sedangkan paling banyak, yang terkenal menurut :

Imamiyah : adalah sepuluh hari.

Hambali dan Hanafi : Empat puluh hari, sedangkan

Syafi’i dan Maliki : Enam puluh hari.

menurut kesepakatan semua ulama madzhab.

Menurut kesepakatan Jumhur Ulama – yang melahirkan lewat Operai Caesar tidak ada Nifas

#…………… Kalau anak yang lahir itu keluar dari tempat yang bukan biasanya karena disebabkan pembedahan, maka wanita itu tidak bernifas , tetapi kalau masalah iddah talak tetap berlaku setelah keluarnya anak itu.…………..#

Hukum nifas adalah sama seperti  hukum  haid , baik dari segi tidak sahnya shalat , puasa , dan wajib meng-qadha’ kalau ia meninggalkan puasa , tetapi tidak wajib qadha’ untuk shalat yang ditinggalkan. Sama seperti haid , juga diharamkan disetubuhi dan menyetubuhi , menyentuh Al-Qur’an , berdiam di dalam masjid atau memasukinya , tetapi dalam masalah terakhir ini ada perbedaan antara madzhab , juga tidak sah kalau ditalak menurut Imamiyah serta hukum-hukum lainnya.

Adapun cara-cara mandi dan syarat-syaratnya , sama persis seperti haid.

واللهأعلمبالصواب

وَعَلَيْكُمْالسَّلاَمُوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ

.

13 thoughts on “ISTIHADHAH – BAB 08 – Syi ah / Sunni

  1. I’m excited to find this site. I need to to thank you for ones time for this fantastic read!! I definitely liked every little bit of it and i also have you saved as a favorite to look at new information in your blog.

  2. Hi, I do believe this is a great web site. I stumbledupon it😉 I am going to return yet again since i have saved as a favorite it. Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to guide others.

  3. After looking at a few of the blog articles on your web site, I seriously appreciate your technique of blogging. I saved it to my bookmark website list and will be checking back in the near future. Please check out my website too and let me know your opinion.

  4. Wow I\’ve been looking and waiting for this a quite sometime. The topics are good and i know i will learn so much for this. Thank you so much and happy new year business English pod.

  5. I truly love your website.. Great colors & theme. Did you build this web site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my very own blog and would love to find out where you got this from or what the theme is called. Many thanks!

  6. Aw, this was an extremely good post. Spending some time and actual effort to create a superb article… but what can I say… I hesitate a whole lot and don’t seem to get anything done.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s